KAJIAN BIBLIKA MENGENAI PENDIDIKAN ANAK DAN HAKIKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Sudiria Hura, Marde Christian Stenly Mawikere

Abstract


Abstrak
Studi ini merupakan Kajian Biblika Mengenai Pendidikan Anak dan Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. Pengkajian Alkitab amat penting karena Alkitab menyatakan bahwaanak-anak adalah subyek pelayanan dan masa yang menentukan dalam pengenalan akan Tuhan dan pertumbuhan iman menuju masa dewasa. Pada hakekatnya dalam dunia pendidikan, kategori anak usia dini adalah masa usia emas (golden age) untuk menanamkan nilai-nilai rohani dan pembentukan karakter serta memperkenalkan mereka dengan pengetahuan dan keterampilan dengan sederhana.
Adapun penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif yang dibangun dari penelitian literatur, dalam hal ini literature mengenai kajian Alkitab dan kajian teoritis yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini. Hasil studi memperlihatkan bahwa pendekatan proses pembelajaran yang relevan kepada anak usia dini tidak sekedar mengikuti teori-teori pembelajaran sekuler yang cenderung menekankan pengetahuan dan ketrampilans eorang guru/pendidik, kurikulum dan bahan pelajaran atau sarana yang canggih sertafasilitas belajar yang memadai melainkan penting sekaliadanya dasar-dasar FirmanTuhan (Alkitab) yang menjadi pedoman utama. Dengan demikian, satuan PAUD dan para guru dapat mempertimbangkan untuk menggunakan prinsip dan metode yang relevan dengan memberikan penekanan bahwa anak-anak usia dini sebagai subyek pendidikan yang perlu diberikan rangsangan untuk menolong mereka bertumbuh dengan utuh (holistic) baik rohani, karakter, pengetahuan dan keterampilan dalam perspektif Kristen.

Full Text:

PDF

References


Abineno, J.L. Ch, 2012. Tafsiran Alkitab Surat Efesus. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Alden, Robert, 2011. Tafsiran Praktis Kitab Amsal. Malang: Literatur SAAT.

Asmani, Jamal Ma’mur, 2009. Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogjakarta: Diva Press.

Johnston, Philip, 2011. IVP Introduction to the Bible. Bandung: Kalam Hidup.

Karman, Yonky, 2006. Hikmat Membuat Hidup Utuh. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Klapwijk.Jasper, 2015. Kabar Baik Dari Perjanjian Lama. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih.

Klapwijk.Jasper, 2015. Kabar Baik Dari Perjanjian Baru. Jakarta:Yayasan Komunikasi Bina Kasih.

Kurniasi, Imas, 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Edukasia.

Musbikin, Imam, 2010. Buku Pintar PAUD. Jakarta: Laksana.

Sinulingga, Rahmawaty, 2007. Tafsiran Alkitab KitabAmsal 1-9. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Sinulingga, Rahmawaty, 2012. Tafsiran Alkitab Kitab Amsal 10:1-22:16. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Stott, John, R.W, 2003. Efesus: Mewujudkan Mastyarakat Baru Di Dalam Dan Melalui Yesus Kristus. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih.

Suyudi, 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tenney, Merril, 2013. Survei Perjanjian Baru. Malang: Gandum Mas.

Tung, Khoe Yao, 2013. Filsafat Pendidikan Kristen. Yogyakarta: Andi.

Van Bruggen, Jakob, 2013. Membaca Alkitab Sebuah Pengantar. Surabaya: Momentum.

Wolf. Herbert, 2004. Pengantar Pentateukh. Malang: Gandum Mas.




DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v1i1.12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership



Indexed By:

                 JournalStories Main logo

Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
Institution Website: http://stak-pesat.ac.id/
Address: RT09/RW01, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang - Jawa Tengah
e-jurnal Website: http://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/edulead/index
e-ISSN: 2722-5658 p-ISSN: 2722-645X

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0). 

 

View My Stats