Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Melalui Pendekatan Norma Agama dan Perubahan Perilaku dalam Mengatasi Bullying Antar Siswa di SMPN Satu Atap-1 Katingan Tengah

Silvia Rahmelia, Stephanus Prihadi, Nopitha Nopitha

Abstract


 Role of Christian religious education teachers is considered strategic in cultivate character and behavior of Christian students as an extension of God's hand in the world whose full of love. However, the current reality is inversely proportional to the bullying phenomena that occur in schools. Bullying among students that occurred at SMPN Satu Atap-1 Katingan Tengah motivated researchers to identify the role of Christian education teachers at that school in overcoming bullying through the approach of religious norms and behavior change. The aims of this research were to identify forms of bullying and describe the role and efforts of teachers in dealing with bullying at SMPN Satu Atap-1 Katingan Tengah. This research uses a qualitative approach with observation, interviews and documentation as data collection techniques. Results proved that the forms of student bullying behavior that occurred at  SMPN Satu Atap-1 Katingan Tengah were in the category of verbal and realtion/social bullying. Based on research findings, teachers have carried out roles and efforts such as 1) preparing several students to be appointed as "friends" for victims of bullying; 2) allocate time or special sessions to communicate with perpetrators/victims of bullying before subjects end; 3) give advice and direct bullying students to write a statement/commitment letter; 4) creating an anti-bullying environment consistently by voicing the content of religious values and norms in the ceremonial supervisor's speech session.

Abstrak

Peran Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) terbilang strategis dalam membentuk perilaku siswa Kristen yang penuh cinta kasih sebagai perpanjangan tangan Tuhan di dunia. Namun realita saat ini berbanding terbalik dengan banyaknya fenomena perundungan yang terjadi di sekolah. Perundungan antar siswa yang terjadi di SMPN Satu Atap-1 Katingan Tengah melatarbelakangi peneliti untuk mengidentifikasi peran guru PAK di sekolah tersebut dalam mengatasi perundungan melalui pendekatan norma agama dan perubahan perilaku. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi bentuk-bentuk perilaku perundungan di SMPN Satu Atap-1 Katingan Tengah; 2) mendeskripsikan peran dan upaya guru PAK dalam mengatasi perundungan di SMPN Satu Atap-1 Katingan Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa bentuk-bentuk perilaku perundungan siswa yang terjadi di SMPN Satu Atap-1 Katingan Tengah ialah dalam kategori perundungan lisan dan hubungan. Berdasarkan temuan penelitian, guru PAK telah melakukan peranan dan upaya seperti 1) mempersiapkan beberapa siswa untuk ditunjuk sebagai “sahabat” bagi siswa korban perundungan; 2) mengalokasikan waktu atau sesi khusus untuk berkomunikasi dengan pelaku dan korban perundungan sebelum berakhir mata pelajaran PAK; 3) memberi nasihat dan mengarahkan siswa pelaku perundungan untuk menulis surat pernyataan/surat komitmen; 4) menciptakan lingkungan anti bullying secara konsisten dengan menyuarakan muatan nilai dan norma agama pada sesi amanat pembina upacara.


Keywords


Bullying, Guru, Pendidikan Agama Kristen, Sekolah, Siswa

References


Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Aminudin, K. (2019). Cyberbullying dan Body Shaming (Ngalimun, Ed.). Yogyakarta: K-Media.

Arifianto, Y. A. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Moral di Tengah Era Disrupsi. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(1), 45–59. Retrieved from http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/84

Arifianto, Y. A., & Santo, J. C. (2020). Iman Kristen dan Perundungan di Era Disrupsi. Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 1(2), 149–163.

Asri, K. H. (2021). Bullying is Not Cool “Mari Berteman dengan Asik Tanpa Mengusik” (R. Fadhli, Ed.). Bandung: PT Mitra Edukasi Nusantara.

Ballerina, T., & Immanuel, A. S. (2019). Menelisik perilaku perundungan pada siswa SMP di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Perilaku, 3(1), 18–31. Retrieved from http://jip.fk.unand.ac.id

Bawamenewi, Y., Stefani, P., Widiatmadja, D. A., Tinggi, S., Ekumene, T., Tinggi, S., & Salatiga, T. (2022). Guru Kristiani Mengatasi. DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(1), 39–46.

Coloroso, B. (2007). Stop Bullying: Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Pra Sekolah Hingga SMU (S. I. Astuti, Ed.). Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Darmayanti, K. K. H., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. B. (2019). Bullying di Sekolah: Pengertian, Dampak, Pembagian dan Cara Menanggulanginya. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1), 55–66.

Djamal, M. (2016). Fenomena Kekerasan di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fiah, F. M., Lewar, E. S., & Martince Nako, Y. (2021). Strategi Guru PAR (Pendidikan Anak Remaja) dalam Mengatasi Bullying Di Kelas Katekisasi GMIT Jemaat Mizpa Tetebudale Kabupaten Kupang. Chmk Nursing Scientific Journal, 5(1), 18–25.

Fuad, A., & Nugroho, K. S. (2014). Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Harianto. (2012). Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab dan Dunia Masa Kini. Yogyakarta: ANDI.

Junalia, E., & Malkis, Y. (2022). Edukasi Upaya Pencegahan Bullying Pada Remaja Di Sekolah Menengah Pertama Tirtayasa Jakarta. Journal Community Service and Health Science, 1(3), 15–20.

Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia. Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. , Pub. L. No. 55 (2007).

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosda Karya Offset.

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi (N. S. Nurbaya, Ed.). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Peren, S. (2022). Membaca Statistik tentang Kasus Bullying di Indonesia. Retrieved March 13, 2022, from Edutalk website: https://www.depoedu.com/2022/12/13/edu-talk/membaca-statistik-tentang-kasus-bullying-di-indonesia/#:~:text=Pada tahun tersebut%2C KPAI mencatat ada 119 kasus bullying terhadap anak.&text=Menurut rilis tersebut%2C jumlah ini,kasus perundungan di dunia maya

Sapitri, W. A. (2020). Cegah dan Stop Bullying Sejak Dini. Spasi Media.

Shean, M. (2022). Why Do Kids Bully? And What Can Parents Do About It? Retrieved from Edith Cowan University website: theconversation.com

Simatupang, H., & Simatupang, R. (2020). Pengantar Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: PBMR ANDI.

Tambunan, J. (2022). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pembentukan Karakter Siswa Kristen. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(1), 12–19. https://doi.org/10.52220/sikip.v3i1.102

Tim Pustaka Phoenix, T. P. P. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. In Tim Pustaka Phoenix. Jakarta.

Widiatmoko, T. F., Putri, K., & Dirgantoro, S. (2022). PENTINGNYA PERAN GURU SEBAGAI PEMBIMBING DALAM MENGATASI PERILAKU PERUNDUNGAN DI KELAS [ THE IMPORTANCE OF THE TEACHER ’ S ROLE AS A GUIDE IN OVERCOMING BULLYING IN THE CLASSROOM ]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(2), 238–250.

Zen, E. F., Muslihati, M., Hidayaturrahman, D., & Multisari, W. (2020). Pelatihan Perilaku Respek, Empati dan Asertif Melalui Metode Role Play untuk Mencegah Bullying Di Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 40. https://doi.org/10.17977/um050v3i1p40-47




DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v4i1.142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Silvia Rahmelia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

                 JournalStories Main logo

Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
Institution Website: http://stak-pesat.ac.id/
Address: RT09/RW01, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang - Jawa Tengah
e-jurnal Website: http://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/edulead/index
e-ISSN: 2722-5658 p-ISSN: 2722-645X

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0). 

 

View My Stats