Mengembangkan Kreativitas Anak Taman Kanak- Kanak Melalui Metode Project Based Learning

Rida Sinaga, Yulpianita Timbange

Abstract


Pada dasarnya semua manusia memiliki kesempatan untuk menjadi kreatif karena manusia memiliki kemampuan itu dalam dirinya. Kesempatan untuk mengaktifkan anak menjadi kreatif yamg seringkali tidak didaptakan anak. Untuk itu penelitian ini berupaya untuk menumbuhkan kemampuan kreativitas anak melalui metode project based learning. Dengan memberikan kesempatan dan simulasi melalui alat bermain yang ada di TK. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kreativitas anak melalui penggunaan metode project based learning di TK Sion Tridamarsari Terpadu. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metodologi penelitian tindakan kelas(PTK) dengan menggunakan tiga siklus penelitian. Setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Berdasarkan hasil akhir penelitian menggunakan metode project based learning pada kelompok A di TK Sion Tridamarsari adalah 6 anak mencapai berkembang sesuai harapan (BSH) dan 3 anak mencapai mulai berkembang (MB) dan 1 anak mencapai berkembang sangat baik (BSB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode project based learning dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas anak di Taman Kanak-kanak Sion Tridamarsari.


Keywords


Kreativitas Anak, Metode Project Based Learning

References


Antara, A., Dewi, N. W. E. P., & Gading. (n.d.). “Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak ” 6, no. 3 (n.d.). 261–271.

Asmani, J. M. (2009). Tips Menjadi Guru Kreatif, Dan Inovatif. In Jogjakarta: DIVA Press.

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No(2), 294–302. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Haryono. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). In Yogyakarta: Amara Books.

Listyowati, A., & Walujo, D. A. (2017). Kompendium PAUD. In Depok: PRENADAMEDIA GROUP.

Marbun, S. (2018). Psikologi Pendidikan. In T.t: Uwais Inspirasi Indonesia, 201.

Mushlih, A., & Rahimah. (2018). Analis Kebijakan Paud.

Nugroho, A. H. (2014). The Wycliffe Bible Commentary Volume 1 Perjanjian Lama: Ayub-Maleakhi. In Malang: Gandum Mas.

Paizaluddin, & Ermalinda. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung.

Prasetyo, N. (2020). Anak, Kreativitas Dan Seninya. In Bandung: CV BUDI UTAMA.

Rachmawati, E. K. Y. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. In Jakarta: KENCANA.

Sinaga, R. (2018a). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Societas Day: Jurnal Agama Dan Masyarakat, Vol. 5 No., 180–200. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.33550/sd.v5i2.89

Sinaga, R. (2018b). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Societas Dei: Jurnal Agama Dan Masyarakat, 5(2), 180. https://doi.org/10.33550/sd.v5i2.89

Sinaga, R. (2019). Perilaku Sosialisasi Anak Ditinjau dari Latar Belakang Keluarga. Kharismata: Jurnal Teologi Pantekosta, Volume 2, 42–56.

Sinaga, R., & Doang, M. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak melalui Metode Bermain. Sikip: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, Volume 1, 104–114.

Suharti, E. (2008). Undang-Undang Guru Dan Dosen. In Jakarta: Sinar Grafika.

Wahyudin. (2007). Anak Kreatif. In Jakarta: Gema Insani.

Winda Gunarti, E. al. (2012). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Universitas Terbuka.

Yaswinda. (2019). Model Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi(PSB MUGI)Bagi Anak Usia Dini. In Jawa Barat: EDU PUBLISHER.




DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v3i1.87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rida Sinaga, Yulpianita Timbange

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

                 JournalStories Main logo

Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
Institution Website: http://stak-pesat.ac.id/
Address: RT09/RW01, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang - Jawa Tengah
e-jurnal Website: http://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/edulead/index
e-ISSN: 2722-5658 p-ISSN: 2722-645X

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0). 

 

View My Stats