Positif Parenting: Menjalin Komunikasi Efektif Orang tua dan Anak TK Hermon Terpadu Ringinsari Lampung

Eny Suprihatin(1*), Aldo Manurung(2), Anthonius Johnwilson Neno(3), Septinus Airo(4),

(1) SINTA ID: 6735206 (Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu PESAT)
(2) Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat, Salatiga
(3) Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat, Salatiga
(4) Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat, Salatiga
(*) Corresponding Author

Abstract


Parenting or caring for children is not easy. Children are not just born and fed.
Parents must do the parenting, because fathers and mothers are their children's first and
main teachers. Based on observations, the seminar topic on Positive Parenting,
Establishing Effective Communication between Parents and Children, needs to be carried
out because the parents of the Hermon Integrated Kindergarten students are still
unfamiliar with positive parenting and still verbally abuse children. Likewise children to
their friends. This community service uses several methods, namely: Lecture method, to
explain seminar material, Experience sharing method, to clarify the material presented.
Question and answer method, as a means of giving participants the opportunity to ask
questions. Mentoring method, and interview method, to obtain feedback from participants.
Result: the audience appreciated the seminar because it helped open their horizons and
learn new things in parenting. They are determined to learn and improve their parenting and
communication methods during this time. Both to their partners and children. The importance
of the result or a brief conclusion.

Abstrak

Parenting atau pengasuhan anak bukanlah hal mudah. Anak bukan sekedar dilahirkan dan diberi makan. Orang tua harus melakukan pengasuhan, karena ayah dan ibu guru pertama dan utama anaknya. Berdasarkan observasi, topik seminar tentang Positif Parenting Menjalin Komunikasi Efektif antara Orang tua dan Anak, perlu dilakukan karena wali murid TK Hermon Terpadu masih awam tentang pengasuhan positif dan masih melakukan verbal abuse kepada anak. Demikian juga anak kepada temannya. Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan beberapa metode yakni: Metode ceramah, untuk menjelaskan materi seminar, Metode sharing pengalaman, untuk memperjelas materi yang disampaikan. Metode tanya jawab, sebagai sarana memberikan kesempatan peserta bertanya. Metode pendampingan, dan  Metode wawancara, untuk memeroleh feedback dari peserta. Hasil: audience mengapresiasi seminar yang dilakukan karena membantu membuka wawasan serta mendapatkan hal-hal baru dalam pengasuhan. Mereka berketetapan untuk belajar dan memerbaiki pengasuhan dan cara komunikasi mereka selama ini. Baik kepada pasangan maupun anak-anaknya.


Keywords


Positive parenting, Effective Communication, Parents, children

Full Text:

PDF

References


At-Taqiyyah, A. K., & al Hakim, H. (2024). Positive Parenting Untuk Menurunkan Kenakalan Pada Remaja. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(3), 301–308.

Carey,Tanith , Rudkin, A. (2023). Positive Parenting For Kids Memahami dan Merespons Perilaku Anak. Bhuana Ilmu Populer.

Gilbert, B., & King, L. (2003). Seni Berbicara Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, di Mana Saja. Gramedia Pustaka Utama.

Monalisa, M., Nomiko, D., & Ekawati, F. (2023). Pengaruh Modifikasi Positive Parenting Program terhadap Keterampilan Mindful Orang Tua dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 285–296.

Rohmah, N. (2016). Bermain dan pemanfaatannya dalam perkembangan anak usia dini. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2).

Satrianingrum, A. P., & Setyawati, F. A. (2021). Perbedaan pola pengasuhan orang tua pada anak usia dini ditinjau dari berbagai suku di indonesia: Kajian literatur. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 16(1), 25–34.

Suprihatin, E., & Rosita, D. (2020). Penerapan teknik scaffolding sebagai upaya meningkatkan kemandirian belajar anak usia 5-6 tahun di tk kristen kadasituru terpadu. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(1), 34–55.

Suprihatin, E., & Yusuarsi, R. (2021). Potret Perubahan Kelekatan Emosi Ibu dan Anak di Masa Belajar Online dari Rumah: Portraits of Changes in The Emotional Attachment of Mother and Child on Learning Online from Home. PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 17(2), 181–190.

Suryana, D. (2018). Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak (Pertama). PRENADAMEDIA GRUP.

Syauqi, A. A. (2022). POLA KOMUNIKASI KELUARGA DAN PEMBENTUKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA.

Upton, P. (2012). Psikologi Perkembangan. Erlangga.

Wijaya, I. D. R. (2021). Komunikasi Sosial Anak Dengan Autism Spectrum Disorder (G. Sudibyo (ed.); 5th ed.). Kanisius, Yogyakarta.

Wisman, Y. (2017). Komunikasi efektif dalam dunia pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3(2).

Sofyan, I., & others. (2018). Mindful parenting: strategi membangun pengasuhan positif dalam keluarga. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 41–47.

Triwardhani, I. J. (2006). Komunikasi Persuasif pada Pendidikan Anak. Mediator: Jurnal Komunikasi, 7(1), 77–84.




DOI: https://doi.org/10.47530/jko.v1i1.204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eny Suprihatin, Aldo Manurung, Anthonius Johnwilson Neno,Septinus Airo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by: Biro Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (BPPM) Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
Institution Website: http://stak-pesat.ac.id/
Address: RT09/RW01, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang - Jawa Tengah
e-jurnal Website: https://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/Tikkun-Olam/index

Email Contact: olamtikkun0@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).