Kontribusi Pendidikan Agama Kristen Berbasis Literasi-Numerasi terhadap Strategi Pengembangan Keterampilan Literasi-Numerasi di Indonesia

Samuel Reinhard Yokom(1*),

(1) Universitas Kristen Satya Wacana
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

This research wants to explain what Christian  education is like and how it is based on higher-order thinking skills based on the accommodation of existentialism philosophy in the context of the church, and how it contributes to the development of literacy-numeration skills of students more broadly starting from schools in social life. This research is library research using a qualitative descriptive approach and utilizing textbooks and articles or scientific journals as research data. The results of the study found that existentialist thinking places great emphasis on learning outcomes that are processed and oriented towards (attaining) higher-order thinking skills through strengthening students' creativity as the basis needed for critical-creative skills towards high-order thinking (HOTS) which are needed in empowering and developing various resources for the common welfare. Such things are needed in the context of Christian education in the current existentialist era to balance the strengthening of moral and spiritual skills with the cognitive skills of students so that they can contribute to students' literacy-numeration skills in the form of moral-ethical literacy which leads to solidarity skills.

Abstrak

Penelitian ini utamanya dilatarbelakangi oleh dua hal. Pertama, rendahnya keterampilan literasi-numerasi naradidik di Indonesia. Kedua, meningkatnya kebutuhan penguatan keterampilan literasi-numerasi naradidik dari berbagai lintas kurikulum. Di saat bersamaan, peranan PAK dalam membantu meningkatkan keterampilan literasi-numerasi tampaknya kurang begitu diperhatikan. Dengan demikian, penelitian ini hendak memaparkan seperti apa dan bagaimana Pendidikan Agama Kristen yang berbasis keterampilan berpikir taraf tinggi berdasarkan pengakomodasian filsafat eksistensialisme dalam konteks ke-Indonesiaan, serta bagaimana kontribusinya terhadap pengembangan keterampilan literasi-numerasi naradidik secara lebih luas yang dimulai dari sekolah dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan memanfaatkan buku teks dan artikel atau jurnal ilmiah sebagai data penelitian. Hasil penelitian menemukan, bahwa pemikiran eksistensialisme sangat menekankan pada capaian pembelajaran yang berproses dan berorientasi pada (pencapaian)  keterampilan berpikir tingkat tinggi, melalui penguatannya terhadap kreativitas naradidik, sebagai dasar yang dibutuhkan bagi penguatan keterampilan literasi-numerasi. Hal-hal demikian diperlukan dalam konteks Pendidikan Agama Kristen di era eksistensialis saat ini, guna semakin menyeimbangkan penguatan keterampilan moral dan spiritual dengan keterampilan kognitif naradidik sehingga mampu berkontribusi terhadap keterampilan berpikir kritis-kreatif tingkat tinggi etis-teologis, yang bermuara pada keterampilan literasi-numerasi moral-etis dan keterampilan bersolidaritas. 


Keywords


PAK, Eksistensialisme, Pembelajaran-Berproses, Kreativitas, HOTS, Literasi Moral-Etis, Bersolidaritas

References


Alvarez-Cedillo, J., Aguilar-Fernandez, M., Sandoval-Gomez, R., & Alvarez-Sanchez, T. (2019). Actions to be taken in mexico towards education 4.0 and society 5.0. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 693–698. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i4.20278

Antone, H. S. (2015). Pendidikan Kristiani Kontekstual: Mempertimbangkan Realitas Kemajemukan dalam Pendidikan Agama. BPK Gunung Mulia.

Boehlke, R. R. (2009). arah Perkembangan Pikiran dan Praktik Pendidikan Agama Kristen: Dari Yohanes Amos Comenius sampai Perkembangan PAK di Indonesia. BPK Gunung Mulia.

Bongga, S. D. V. Van, & Listiani, T. (2020). Implementasi Strategi Integrasi Iman dan Pembelajaran John W. Taylor dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Bilangan. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 4(1), 45–63. http://dx.doi.org/10.19166/johme.v4i1.1987

Bongga, S. Van, & Listiani, T. (2020). Implementasi Strategi Integrasi Iman Dan Pembelajaran John W. Taylor Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Bilangan [the Implementation of John W. Taylor’S Faith and Learning Integration Strategy in Learning Mathematics on Numbers]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 4(1), 45. https://doi.org/10.19166/johme.v4i1.1987

C. Ansell and A. Gash. (2007). Collaborative Governance in Theory and Practice. Journal of Public Administration Research and Theory, 8, 543–571.

Ekawati, D. (2017). Eksistensialisme. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1), 137–153.

Fu’ad Farid Isma’il, A. H. M. (2017). Berfilsafat itu Gampang: Cara Mudah Belajar Filsafat Barat dan Islam untuk Pemula. IRCiSoD.

Groome, T. H. (2010). Christian Religious Education. BPK Gunung Mulia.

Harmadi, M., & Jatmiko, A. (2020). Pembelajaran Efektif Pendidikan Agama Kristen Generasi Milenial. PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 16(1), 62–74. https://doi.org/10.46494/psc.v16i1.72

Hattu, J. V. D. (2019). Keterkaitan Pendidikan Kristiani di Sekolah dan Gereja. Indonesian Journal of Theology, 7(1), 25–45. https://doi.org/10.46567/ijt.v7i1.4

Indoktrinasi. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. https://kbbi.web.id/indoktrinasi

Kebudayaan, K. P. dan. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi: Gerakan Literasi Nasional. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/materi-pendukung-literasi-numerasi-rev.pdf

KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI DIREKTORAT JENDERAL PAUD, PENDIDIKAN DASAR, D. P. M. D. S. D. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/2 Modul Literasi Numerasi.pdf

Lauterboom, M. (2019). Dekolonialisasi Pendidikan Agama Kristen di Indonesia. Indonesian Journal of Theology, 7(1), 105–106. https://doi.org/https://doi.org/10.46567/ijt.v7i1.8

Listiania, W., Octavianus, S., & Triposa, R. (2021). Analisis Muatanhots(Higer Order Thinking Skills)Pada Bukuteks Siswa Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Kelas Vii Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2017. Tangkoleh Putai, 19(1), 87–101.

Pramudya, W. (2001). Mengenal Filsafat Pendidikan Paulo Freire: Antara Banking Concept of Education, Problem Posing Method, dan Pendidikan Kristen di Indonesia. Veritas: Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 2(2), 264–265.

Qurtuby, S. Al. (2021). Pendidikan dan Revolusi Industri 4.0: Arab Saudi dan Indonesia. ELSA Press.

Rohmah, L. (2019). Eksistensialisme dalam Pendidikan. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(1), 86–100. https://doi.org/10.32923/edugama.v5i1.960

Simanjuntak, R., Jatmiko, B., Pa, A. R., Siswoyo, H., & Langke, A. Y. (2021). Akomodasi Filsafat Pragmatisme dalam Pendidikan Agama Kristen untuk Menjawab Tantangan Pembelajaran di Era Digital. Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2), 165–181. https://doi.org/10.38189/jan.v2i2.200

Smith, L. T. (2004). Decolonizing Methodologies: Research and Indigenous Peoples. Zed Books Ltd and University of Otago Press.

Tilaar, H. A. . (2012). Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Rineka Cipta.

Tjandra, D. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Abad 21. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i1.33

Tung, K. Y. (2014). Filsafat Pendidikan Kristen. 5(1), 57–60.

Weil, B. J. and M. (2003). Models of Teaching: Fifth Edition. Prentice Hall of India.




DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v4i1.144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Samuel Reinhard Yokom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

                 JournalStories Main logo   

Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
Institution Website: http://stak-pesat.ac.id/
Address: RT09/RW01, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang - Jawa Tengah
e-jurnal Website: http://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/edulead/index
e-ISSN: 2722-5658 p-ISSN: 2722-645X

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0). 

 

View My Stats