Implementasi Model Pembelajaran BCCT Meningkatkan Kemandirian dan Kreativitas Anak Didik Usia 5 – 6 Tahun di PAUD
(1) STAK Terpadu Pesat Salatiga
(2) STAK Terpadu Pesat Salatiga
(*) Corresponding Author
Abstract
PAUD mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas SDM. Untuk itu, perlu menerapkan beragam model pembelajaran inovatif agar tujuan pendidikan yang dirumuskan sebelumnya dapat tercapai. Salah satunya adalah model pembelajaran BCCT. BCCT sendiri merupakan suatu pendekatan sentra dan saat lingkaran dengan menggunakan empat pijakan (scaffolding) pada proses pembelajaran diantaranya: pijakan sebelum bermain, saat bermain, selama bermain, dan setelah bermain. Prinsip pembelajarannya berfokus pada anak. Anak pembelajar aktif, anak belajar dengan panca indera, anak menciptakan pengalamannya sendiri, anak berpikir melalui objek tertentu dan anak belajar melalui lingkungan. Oleh sebab itu tujuan penelitian yang penulis lakukan bertujuan guna meningkatkan kemandirian dan kreativitas anak 5 – 6 tahun di TK Kristen Imanuel Terpadu Jlegong lewat mengimplementasikan model pembelajaran BCCT menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus dengan enam tindakan. Subjek dalam penelitian ini dilakukan pada anak usia 5 – 6 di TK Kristen Imanuel Terpadu Jlegong yang berjumlah 8 anak. Penghimpunan data melalui pengamatan, dokumentasi dan catatan anekdot. Hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran BCCT mampu meningkatkan kemandirian dan kreativitas anak usia 5 – 6 tahun di TK Kristen Imanuel Terpadu Jlegong. Total hasil akhir yang diperoleh pada kemandirian anak selama dua siklus enam tindakan adalah 80,5 dengan keterangan Berkembang Sangat Baik (BSB). Peningkatan kemandirian yang dicapai anak yaitu: Pertama, anak sudah tidak bergantung kepada orang lain. Kedua, Anak mampu bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugasnya. Demikian juga pada kreativitas anak, total hasil akhir yang diperoleh selama dua siklus enam tindakan adalah 76,9, dengan keterangan Berkembang Sangat Baik (BSB). Peningkatan kreativitas telah dicapai anak berupa: Pertama, anak mampu menciptakan sesuatu yang baru/original. Kedua, Anak mampu memberi nilai tambah. Ketiga, anak suka bertanya. Keempat, anak mampu mengemukakan gagasannya. Kelima, anak memiliki rasa ingin tahu. Sehingga bisa disimpulkan bahwa model pembelajaran BCCT memiliki keterkaitan yang sangat signifikan sehingga memberi pengaruh terhadap peningkatan kemandirian dan kreativitas anak.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbar, E. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Kencana.
Aryani, N., Mudjiran, & Rakimahwati. (2020). Manajemen Pembelajaran PAUD Berbasis Perkembangan Anak. Edu Publisher.
Athfal, R. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. PT Remaja Rosdakarya.
Chairilsyah, D. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 88–98.
Illahi, S. R., Febrialismanto, F., & others. (2016). Analisis Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Bhakti Bunda Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Riau University.
Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Penanaman pendidikan karakter pada model pembelajaran bcct (beyond centers and circle time). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110–116.
Kasan, T. (2009). Dasar-dasar pendidikan.
Komala, K. (2015). Mengenal dan Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Orang Tua dan Guru. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 31–45.
Mulyani, N. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Gava Media.
Mulyani, N. (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. PT Remaja Rosdakarya.
Mundariyah, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran BCCT dan Kemandirian Terhadap Kreativitas Bermain Balok Anak Usia 4-6 Tahun di Kecamatan Ciracas 2012. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 1(2), 39–54.
Mutiah, D. (2015). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana.
Paizaluddin, & Ermalinda. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Alfabeta.
Rahman, M. H. (2019). Model-Model Pembelajaran Anak Usia Dini Teori dan Implementasi. Ar-Ruzz Media.
Rindaningsih, I. (2012). Pengembangan Model Manajemen Strategik Berbasis (beyond center and circle Time) BCCT Pada PAUD. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 213–223.
Romini, R. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Beyond Center And Circle Time (BCCT) Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(2), 219–234.
Ruqoyah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Beyond Centers and Circle Times (BCCT) dan Kemandirian Terhadap Kreativitas. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(1), 81–98.
Sari, R. P., Haenilah, E. Y., & Sofia, A. (2015). Pengaruh penggunaan bermain plastisin terhadap peningkatan kreativitas anak usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 1(3).
Setyarini, A. (2015). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun RKH dalam Pembelajaran BCCT. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2).
Silranti, M., & Yaswinda, Y. (2019). Pengembangan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Dharmawanita Tunas Harapan. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 39–48.
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulus dan Aspek Perkembangan Anak. Kencana.
UU RI No.20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).
Viona, M., & others. (2016). Kemampuan Guru Menerapkan Model Pembelajaran BCCT di TK Mujahidin II Pontianak Timur. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(5).
Wahyuningsih, D. (2020). Model Pembelajaran BCCT bagi Anak Usia Dini Sesuai dengan Tahap Perkembangan. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 58–69.
Wiyani, N. A. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini Panduan Orangtua dan Guru dalam Membentuk Kemandirian dan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Ar-Ruzz Media.
DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v4i1.146
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Mersi Prastika Dau, Santosa Santosa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By:
Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
Institution Website: http://stak-pesat.ac.id/
Address: RT09/RW01, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang - Jawa Tengah
e-jurnal Website: http://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/edulead/index
e-ISSN: 2722-5658 p-ISSN: 2722-645X
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
View My Stats