Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Metode Story-Telling Berdasarkan Filipi 4:4
(1) Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup, Surakarta
(2) Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup, Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Emotional Intelligence is an intelligence in managing emotions and self-motivation. Emotional intelligence is required by learners. Emotional intelligence can be enhanced through story-telling based teaching. Story-telling is a teaching method involving narration. The content of story-telling determines how learners' emotional intelligence is formed. Through story-telling, learners can be trained to possess good emotions and cultivate noble characters according to the teaching material. Philippians 4:4 can be used as teaching material to enrich learners' emotional intelligence. Philippians 4:4 teaches that happiness and joy will arise when all attention is focused on Jesus Christ and His redemption work. Using a descriptive qualitative approach, the author asserts that teaching learners with Philippians 4:4 through story-telling can enrich and enhance emotional intelligence.
Abstrak
Kecerdasan Emosional adalah sebuah kecerdasan dalam mengelola emosi dan memotivasi diri dimana kecerdasan emosional dibutuhkan oleh peserta didik. Kecerdasan emosional dapat dipacu dengan pengajaran berbasis story-telling dan story-telling adalah sebuah metode ajar dengan bercerita. Materi story-telling menentukan bagaimana kecerdasan emosional peserta didik terbentuk. Dengan story-telling, peserta didik dapat dilatih untuk memiliki emosi yang baik dan menghasilkan karakter yang luhur sesuai dengan materi ajar. Filipi 4:4 dapat digunakan sebagai bahan ajar demi memperkaya kecerdasan emosional peserta didik. Filipi 4:4 mengajarkan bahwa kebahagiaan dan sukacita akan muncul saat segala perhatian berpusat kepada Yesus Kristus dan karya penebusanNya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penulis menyatakan bahwa mengajar peserta didik dengan ayat Filipi 4:4 secara story-telling dapat memperkaya dan meningkatkan kecerdasan emosional.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. 2022. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1):974–80. doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3394.
Baskoro, Paulus Kunto, and Anon Dwi Saputro. 2022. “Konsep Biblika Pengharapan Kebahagiaan Menurut Filipi 2:1-4 Dan Implementasinya Bagi Jemaat Masa Kini Di Era Disrupsi.” HUPERETES: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 4(1):1–13. doi: 10.46817/huperetes.v4i1.123.
Boiliu, Esti Regina. 2022. “Analisis Pendidikan Agama Kristen Terhadap Emotional Intelligence Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak.” Jurnal Luxnos 8(1):1–10. doi: 10.47304/jl.v8i1.175.
Cohick, Lynn H. 2013. Philippians. Grand Rapids, Michigan: Zondervan Academic.
Damayanti, Risma, Kadek Yudiana, and Putu Aditya Antara. 2022. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Indonesian Journal of Instruction 3(2):81–91. doi: 10.23887/iji.v3i2.49164.
Darmawan, I. Putu Ayub, and Kiki Priskila. 2020. “Penerapan Storytelling Dalam Menceritakan Kisah Alkitab Pada Anak Sekolah Minggu.” Kurios 6(1):35. doi: 10.30995/kur.v6i1.129.
Dedek Pranto Pakpahan, S. Th, and others. 2021. Kecerdasan Spiritual (SQ) Dan Kecerdasan Intelektual (IQ) Dalam Moralitas Remaja Berpacaran Upaya Mewujudkan Manusia Yang Seutuhnya. Ahlimedia Book.
Dewi, Ni Luh Mirah Laksmi, and I. Made Rustika. 2017. “Pengaruh Mendongeng Sambil Bermain Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia 8-11 Tahun Di Sd Negeri 8 Dauh Puri Denpasar.” Jurnal Psikologi Udayana 4(1). doi: 10.24843/jpu.2017.v04.i01.p13.
Dwi Latifatul Fajri. 2022. “Studi Pustaka Adalah Referensi Penelitian, Ini Penjelasan Lengkapnya.” Katadata.Co.Id 1–7.
Efendi, Anwar. 2006. “Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Kebiasaan Bercerita (Dongeng).” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 11(3):328–36. doi: 10.24090/insania.v11i3.201.
Efendi, Verisa Angelia, and Eddy Madiono Sutanto. 2013. “Pengaruh Faktor-Faktor Kecerdasan Emosional Pemimpin Terhadap Komitmen Organisasional Karyawan Di Universitas Kristen Petra.” Agora 1(1):801–7.
Goleman, Daniel. 2009. Emotional Intelligence - Why It Can Matter than IQ. London: Bloomsbury Publishing Plc.
Gunawan, Gede. 2019. “Cerita Dongeng Sebagai Media Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.” Tampung Penyang 17(01):73–87. doi: 10.33363/tampung-penyang.v17i01.430.
Hambali, Hambali, Fathor Rozi, and Hayati Hayati. 2021. “Metode Story Telling Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam.” AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 5(2):133. doi: 10.29240/jpd.v5i2.3424.
Hastuti, Hastuti, Muhammad Yunus, and Asdar Asdar. 2021. “Pengaruh Metode Storytelling Berbantuan LCD Proyektor Terhadap Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Peserta Didik SDN 64 Malaka Kabupaten Maros.” Bosowa Journal of Education. doi: 10.35965/bje.v1i2.660.
Hendra Agung Saputra Samaloisa. 2023. “Signifikansi Etika Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat 1(2):31–39. doi: 10.55606/sinarkasih.v1i2.95.
Hendriksen, W. 1996. Exposition of Galatians, Ephesians, Philippians, Colossians, and Philemon. Grand Rapids, Michigan: Baker Books.
Hidayat, David Budi, Abdul Muktadir, and I. Wayan Dharmayana. 2019. “Efektivitas Metode Mendongeng ( Storytelling ) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Keterampilan Membaca Siswa ( Sebuah Studi Kasus Di SDN 55 Bengkulu Selatan ).” 2(2):120–28.
Hughes, R. K. 2007. Philippians: The Fellowship of the Gospel. Wheaton, Illinois: Crossway Books.
Kristanto Kristanto. 2019. “Pengembangan Model Pembelajaran Agama Kristen Berbasis Kecerdasan Emosional Di Uki Toraja.” KINAA: Jurnal Teologi 4(2).
Leiwakabessy, Tabita, and Daniel Pesah Purwonugroho. 2024. “Menggabungkan Nilai IQ, SQ, EQ, Dan DQ Dalam Pengajaran Kristen Dengan Metode Story-Telling.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen)Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1(2):53–64.
Mulyadi, Ajang. 2019. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar.” Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan 4(2):1. doi: 10.17509/jpak.v4i2.15418.
O’Brien, Peter T. 2013. Surat Efesus. Surabaya: Penerbit Momentum.
Samosir, Steve Amos, Bambang Wasito Adi, and Sunarto Sunarto. 2018. “Pengaruh Cara Belajar, Kecerdasan Emosional Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran Administrasi Umum Pada Siswa Kelas X SMK Kristen 1 Surakarta.” Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi 4(1):1–14.
Silva, Moisés. 2005. Philippians. Vol. 11. Grand Rapids, Michigan: Baker Academic.
Tanaem, Delila, Adolfina Qualeng, and Christina A. Ouw. 2022. “Penerapan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Daya Serap Anak Usia 9-11 Tahun Di Rayon II Gmit Ebenhaezer Hombol Klasis Teluk Kabola.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 14:500–516. doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.7050795.
Taniady, Vicky. 2022. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Kristen Dalam Khotbah Di Bukit Pada Matius 5-7.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja 6(1):39–54. doi: 10.37368/ja.v6i1.317.
Uma, Handrianus Eka. 2023. “Dalam Penderitaan, Aku Justru Bersukacita (Teologi Sukacita Kartini).” Divinitas Jurnal Filsafat Dan Teologi Kontekstual 1(1):23–44. doi: 10.24071/div.v1i1.6136.
Umrati, and Hengki Wijaya. n.d. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Makasar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Wildawati, Syamsuardi, and Rusmayadi. 2022. “Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 03(01):43–60.
Zulfitria, Zulfitria, and Damayanti Celara. 2018. “Implementasi Metode Mendongeng Dalam Mengembangkan Potensi Siswa SD.” Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD 2(2):130–39.
DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v5i1.196
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Tabita Leiwakabessy, Daniel Pesah Purwonugroho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By:
Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
Institution Website: http://stak-pesat.ac.id/
Address: RT09/RW01, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang - Jawa Tengah
e-jurnal Website: http://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/edulead/index
e-ISSN: 2722-5658 p-ISSN: 2722-645X
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
View My Stats