Penerapan Motivasi Melalui Mentoring dalam Membangun Kepemimpinan Remaja di Era Digital

Lusiana Herda(1*), Santosa Santosa(2),

(1) Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
(2) Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat
(*) Corresponding Author

Abstract


The digital era has both positive and negative influences on teenagers' self-identity and potential development. Leadership is one of the crucial potentials in teenagers that needs to be nurtured. Mentoring emphasizes the relational aspect between Mentor and Mentee as one of the alternative methods for developing teenagers' potentials. This research aims to describe the implementation of motivation in the mentoring process and to illustrate the impact of motivation provision through mentoring on the development of teenage leadership potential. The research method utilized qualitative methods, with the subjects being teenagers participating in the Future Center program in Ringin Sari Village, Banjar Margo District, Tulang Bawang Regency, Lampung Province. Data collection methods included observation, interviews, and documentation. Based on the research, motivation provision through mentoring, such as encouragement, praise, rewards, and punishment, has an impact on enhancing teenage leadership development in terms of visionary attitude, initiative, proactivity, and integrity. Mentors play a crucial role in building teenagers' leadership potential. Therefore, it is important for Mentors to continuously improve the quality of applying motivational principles in the mentoring process.

Abstrak

Era digital memberi pengaruh positif dan negatif terhadap identitas diri remaja dan pengembangan potensinya. Kepemimpinan merupakan salah satu potensi remaja yang penting untuk dikembangkan. Mentoring menekankan relational antara Mentor dan Mentee menjadi salah satu alternatif pengembangan potensi remaja. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan motivasi dalam proses mentoring, dan mendeskripsikan dampak pemberian motivasi melalui mentoring terhadap perkembangan potensi kepemimpinan remaja. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif, subjek penelitian yaitu remaja peserta program Future Center di Desa Ringin Sari, Kecamatan Banjar Margo, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian, pemberian motivasi melalui proses mentoring berupa pemberian dorongan, pujian, reward, dan punishment, berdampak terhadap peningkatan perkembangan kepemimpinan remaja ditinjau dalam hal sikap visioner, inisiatif, proaktif, dan integritas remaja. Mentor memiliki peran penting membangun potensi kepemimpinan remaja. Oleh sebab itu penting Mentor terus meningkatkan kualitas dalam menerapkan prinsip-prinsip pemberian motivasi dalam proses mentoring.


Keywords


Mentoring, motivation, teenage leadership, digital era

References


Abdon Arnolus Amtiran, & Arifman Gulo. (2022). Visi dan Etika Kepemimpinan Kristen di Era Post Modernisme. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3551–3560. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1158

Alvionita, D., & Selamat, F. (2019). Pengaruh Dukungan Universitas Dan Sikap Proaktif Terhadap Intensi Kewirausahaan Mahasiswa Di Jakarta . Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, I(3), 401–410. http://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/5340

Bangun, J. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Karakter Kristiani dalam Aktivitas Kepemimpinan Kristen. HARVESTER: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen, 7(1), 15–31.

Barna, G. (2015). Leaders on Leadership (Gandum Mas).

Boestam, P. (2013). Smart Cristian Leadership. ANDI Offset.

Carenina, K. (2020). The Magic Of Leadership (J. Mandiri (ed.)). Araska.

Cemosa, C., & Soelaiman, L. (2020). Pengaruh Kreativitas, Proaktif dan Otonomi Terhadap Kinerja Usaha Makanan Dan Minuman. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(4), 889. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i4.9868

Dayana, I., & Marbun, J. (2018). Motivasi Kehidupan (Guepedia (ed.)). Guepedia The First On-Publisher in Indonesia.

Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20

Dwi Handayani, N. (2020). Pengaruh Tanggung Jawab, Kompensasi Dan Inisiatif Terhadap Loyalitas Kerja Pada Cv Anugerah Tekniktama Sidoarjo. 2.

Elmore, T. (2007). Mentoring (Susy Handayani (ed.)). Metanoia Publishing.

Ernata, Y. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di Sdn Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.781-790

Fadilah, S. N., & F, N. (2021). Implementasi Reward dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Jember. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.35719/educare.v2i1.51

Febrianti, N. (2013). Bisma jurnal bisnis dan manajemen. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Volume 6 No. 1 Agustus, 13(1), 43–51.

Helber, H., & Wijaya, H. (2021). Model Mentoring Dalam Pengembangan Karakter Kepemimpinan Di Kalangan Generasi Muda GKII Tumahoh Salap. Repository Skripsi Online, 3(1), 16–23.

Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 2(3), 317–324.

Herwinesastra, H. (2019). Pengaruh Model Mentoring Robert Clinton Terhadap Kecakapan Kepemimpinan Pekerja di GKII Daerah Pontianak. Jurnal Jaffray, 17(2), 259. https://doi.org/10.25278/jj.v17i2.365

Horan, P. G. (2021). The Lost Prosperity Secrets Of napoleon Hill. BHUANA ILMU POPULER.

Kaswan. (2012). Coaching dan Mentoring. ALFABETA.

Khosasih, M. I. (2020). Pemberian Motivasi Belajar Di SMPN 2 Pare Kabupaten Kediri. 3(2), 189–193.

Krismawati, Y. (2018). Teori Psikologi Perkembangan Erik H. Erikson dan Manfaatnya Bagi Tugas Pendidikan Kristen Dewasa Ini. Kurios, 2(1), 46. https://doi.org/10.30995/kur.v2i1.20

Leny Simatupang, R., & Arifianto, Y. A. (2022). Pengaruh Program Mentoring terhadap Pembentukan Karakter Tunas Remaja. Jurnal Salvation, 3(1), 70–88. https://doi.org/10.56175/salvation.v3i1.52

Marbun, P. (2020). Pemimpin Transformatif dalam Pendidikan Kristen. Magnum Opus: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen, 1(2), 72–87. http://e-journal.sttikat.ac.id/index.php/magnumopus/article/view/47/14

Martoredjo, N. T. (2015). Peran Dimensi Mentoring dalam Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia. Humaniora, 6(4), 444–452.

Mawikere, M. C. S. (2018). Efektivitas, Efisiensi Dan Kesehatan Hubungan Organisasi Pelayanan Dalam Kepemimpinan Kristen. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 2(1). https://doi.org/10.46445/ejti.v2i1.95

Maxwell, J. (2014). John C. Maxwell Mentoring 101 (E. M. Tanuadji (ed.)). PT Menuju Insan Cermelang.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Morissan, M. (2018). Hubungan antara Kompensasi dan Sikap Proaktif dengan Motivasi Kerja Karyawan pada Industri Perhotelan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 189–203. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.2362

Muhammad, M. (2017). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87–97.

Muqoyyaroh, L. (2018). Pengaruh Reward terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PDAM Magetan. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 6(1), 95. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v6i1.2190

Napitupulu, P. A. (2020). Signifikansi Mentor dalam Membangkitkan Pemimpin Jemaat. Jurnal Teologi Kependetaan PNEUMATIKOS, 11(1), 1–15. https://e-journal.stapin.ac.id/index.php/pneumatikos

Panjaitan, F. (2020). Kepemimpinan Yesus Kristus sebagai Model Dasar Kepemimpinan Kristen Berdasarkan Matius 20:20-28. KINAA: Jurnal Kepemimpinan Kristen Dan Pemberdayaan Jemaat, 1(2), 91–110. https://doi.org/10.34307/kinaa.v1i2.14

Panjaitan, F. (2022). Tinjauan Naratif Kepemimpinan Yusuf dalam Perspektif Climber Leader. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 3(1), 46–60.

Prabowo, W. (2020). Peran Elkana dan Hana terhadap Masa Kecil Samuel: Tahap Awal Mencetak Pemimpin Kristen. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(2), 162–179. https://doi.org/10.47530/edulead.v1i2.39

Prihanto, A. (2018). Peran Proses Mentoring Pemimpin Kaum Muda Bagi Perkembangan Pelayanan Pemuda Di Gereja. Jurnal Jaffray, 16(2), 197–212.

Ratnawati, E., & Asniawati, A. (2020). Pemberian Motivasi Melalui Cerita dan Games. Dimasejati, 2(2), 204–213. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/...%0A

Ruben, S., & Yudistira, S. (2022). Memotivasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Krtisten melalui Reward dan Punishment. DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.32490/didaktik.v5i1.98

Rukku, M., & Ronda, D. (2011). Pemimpin yang memiliki integritas menurut 2 Timotius pasal 2. Jurnal Jaffray, 9(1), 25–59.

Sahadi, S., Taufiq, O. H., & Wardani, A. K. (2020). Karakter kepemimpinan ideal dalam organisasi. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(3), 513–524.

Santosa, S. (2021). Urgensi Peran Orang Tua Membangun Kepemimpinan Anak di Era Disrupsi Teknologi Berdasarkan Ulangan 6: 6-9. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(1), 71–88. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i1.61

Sarumaha, L., Efori, B., Sihite, A. H., & Utomo, D. P. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penempatan Mentor Pada Pusat Pengembangan Anak IO 558 Sangkakala Medan Menggunakan Metode CPI dan ROC. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 4(1), 315–321. https://doi.org/10.30865/komik.v4i1.2713

Simanjuntak, R. (2020). Pentingnya Identitas dan Integritas Seorang Guru Kristen. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 6(2), 45–58. https://doi.org/10.46495/sdjt.v6i2.38

Solikin, A., Fatchurahman, M., & Supardi, S. (2017). PEMIMPIN YANG MELAYANI DALAM MEMBANGUN BANGSA YANG MANDIRI: A Serving Leader In Developing Independent Nation. Anterior Jurnal, 16(2), 90–103.

Sualang, F. Y., Budiman, A. D., & Saputra, A. D. (2022). Integritas pemimpin berdasarkan Amsal 31: 1-9. Te Deum (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan), 12(1), 107–131.

Suhadi, S., & Arifianto, Y. A. (2020). Pemimpin Kristen Sebagai Agen Perubahan di Era Milenial. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(2), 129–147. https://doi.org/10.47530/edulead.v1i2.32

Sujarweni, W. (2020). Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah dipahami. PT. PUSTAKA BARU.

Sutrisno, W., & Saing, D. (2018). Tabel 1 Tingkat Pengangguran Terdidik Di Indonesia. 5(1), 114–124.

Tabrani, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Dan Mentoring Terhadap Motivasi Dalam Melayani. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(1), 77–91. https://doi.org/10.47530/edulead.v1i1.23

Tasuab, I. I., Santosa, & Tabrani, A. (2023). Pengaruh Mentoring terhadap Identitas Diri Remaja Peserta Program Future Center Yayasan PESAT Cluster Kalimantan Barat Pendahuluan. 0642(December), 213–226.

Tohari, A. (2020). Kreativitas Masyarakat Lereng Gunung kawi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Umar, L. M., & Mochamad Nursalim. (2020). Studi Kepustakaan Tentang Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Program Studi Bimbingan Konseling,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, 600–609.

Uno, H. B. (2015). Teori Motivasi. PT BUMI AKSARA.

Usman, H. (2020). Kepemimpinan Efektif (B. S. Fatmawati (ed.)). PT BUMI AKSARA.

Wahyuni, S. (2021). Pemimpin Gereja Visioner Pelaku Perubahan. Jurnal Teologi (JUTEOLOG), 1(2), 187–200.

Zaluchu, S. (2018). Respons Tests of Leadership Menurut Teori Frank Damazio Pada Mahasiswa Pascasarjana Jurusan Kepemimpinan Kristen STT Harvest Semarang. Jurnal Jaffray, 16(2), 145. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i2.289




DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v5i1.202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lusiana Herda, Santosa Santosa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

                 JournalStories Main logo   

Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
Institution Website: http://stak-pesat.ac.id/
Address: RT09/RW01, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang - Jawa Tengah
e-jurnal Website: http://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/edulead/index
e-ISSN: 2722-5658 p-ISSN: 2722-645X

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0). 

 

View My Stats