Analisis Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Taman Kanak- Kanak Pesat Jawa
(1) Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
(2) Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstract: Curriculum is an approach that instructs schools to achieve educational goals. This study aims to analyze the obstacles faced by PESATJawa Kindergarten (TK) in the Implementation of the Independent Curriculum. Four Rapid Kindergartens in Java are: Integrated Pniel Christian Kindergarten, Sion Tri Damarsari Christian Kindergarten, Integrated Immanuel Christian Kindergarten and Integrated Love Seed Kindergarten. This study used a qualitative descriptive method. Data collection was conducted through interviews and observations. Each educational organization or foundation has different capabilities. The obstacles and difficulties faced by each institution include: still need to practice and make habituation in developing the skills of giving provocation words, expressing open questions, and the need for teacher creativity in facilitating diverse games. As a result, teachers have difficulty in developing games that are by-play activities in the center. The strategy that every educator needs to do is to reflect after teaching to increase understanding of the Independent Curriculum and educators seek to attend workshops and training on the Implementation of the Independent Curriculum Paud. So that the independent curriculum can be implemented in the learning model of the Center.
Abstrak: Kurikulum merupakan pendekatan yang mengintruksikan sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis tentang kendala yang dihadapi oleh Taman Kanak-kanak (TK) PESAT Jawa dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Empat TK Pesat di Jawa yaitu: TK Kristen Pniel Terpadu, TK Kristen Sion Tri Damarsari, TK Kristen Immanuel Terpadu dan TK Benih Kasih Terpadu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Setiap organisasi atau Yayasan pendidikan memiliki kemampuan yang berbeda. Kendala dan kesulitan yang dihadapi setiap lembaga antara lain: masih perlu berlatih dan melakukan pembiasaan dalam mengembangkan keterampilan memberikan kata-kata provokasi, mengungkapkan pertanyaan terbuka dan perlunya kreativitas guru dalam memfasilitasi permainan yang beragam. Akibatnya guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan permainan yang sesuai dengan kegiatan main di sentra. Strategi yang perlu dilakukan setiap pendidik ialah melakukan refleksi setelah mengajar untuk meningkatkan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka dan pendidik mengupayakan mengikuti workshop maupun pelatihan tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Paud. Sehingga kurikulum merdeka dapat diimplementasikan pada pembelajaran model Sentra.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Amiridin, Simanjuntak, R., Meliala, H. P., Tarigan, N., & Ketaren, A. (2023). Perbandingan Kurikulum K13 dan Merdeka Belajar. 5(1). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11934
Ayi Suherman, M. P., & Awal, R. I. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Teori dan Praktik Kurikulum Merdeka Belajar Penjas SD. Indonesia Emas Group. https://books.google.co.id/books?id=fTvaEAAAQBAJ
Gea, J. J. (2023). KESEIMBANGAN PERAN ORANG TUA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 101. https://doi.org/10.24853/yby.7.2.101-108
Hurlock, E. B. (1980). Developmental Psychology, Terj. Iswidiyanti dan Soedjawarto, psikologi Perkembangan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.
Kamarudin, & Djafri, N. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter Pada Era Society 5.0. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 17–23. https://jurnal.aksarakawanua.com/index.php/jakm/article/view/42
Kartika, Y. D., Arini, N. M., & Wiguna, I. B. A. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Kumaracitta: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 27–37. https://doi.org/https://orcid.org/0000-0003-0930-2606
Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendid. In Kemendikbudristek (Issue 021). https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/CP_2022.pdf
Librianty, H. D., Yennizar, N., & ... (2022). Peningkatan Kompetensi Guru PAUD Dalam Melaksanakan Pembelajaran Berbasis Konsep Merdeka Bermain Di Kecamatan Maro Sebo Ulu Kabupaten Batanghari. AMMA: Jurnal …, 1(05), 348–355. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/254
Maspupah, U. (2019). Manajemen Pengembangan Kurikulum PAUD Teori dan Aplikasi. Ar-Ruzz Media.
Mendikbudristek. (2022). Luncurkan Kurikulum Merdeka, Mendikbudristek: Ini Lebih Fleksibel. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/luncurkan-kurikulum-merdeka-mendikbudristek-ini-lebih-fleksibel
Noor, H. R. Z. Z. (2020). Metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif: petunjuk praktis untuk penyusunan skripsi, tesis, dan disertasi : tahun 2015. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=v37LEAAAQBAJ
Prihatien, Y. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Janapria. Journal on Education, 6(1), 9232–9244. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4430/3605
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rahmaningtyas, H., & Wijayanti, I. (2024). KENDALA GURU PAUD DALAM MENERAPKAN DAN MENGEMBANGKAN MATERI KURIKULUM MERDEKA. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 361–368. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2428
Santosa, S. (2021). Urgensi Peran Orang Tua Membangun Kepemimpinan Anak di Era Disrupsi Teknologi Berdasarkan Ulangan 6: 6-9. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(1), 71–88. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i1.61
Sriandila, R., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Nurul Ikhlas Kemantan Kebalai Kabupaten Kerinci. Journal on Education, 5(2), 1826–1840. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.823
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media. https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_Anak_Usia_Dini/qQRBDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Suryana, D. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini, Stimulus dan Aspek Perkembangan Anak. Kencana.
Tabrani, A., & Harefa, I. D. (2021). Pendidikan Agama Kristen dan Tuntutan Kualitas SDM Menghadapi Persaingan Masyarakat Global. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(2), 287–305. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i2.82
Tridhonanto, A. (2016). Mengembangkan Pola Asuh. Gramedia.
Uno, H. B., Atmowidjoyo, S., & Lametenggo, N. (2022). Pengembangan Kurikulum Rekayasa Pedagogik Dalam Pembelajaran. Rajawali Pers.
Wiyani, N. A., & Barnawi. (2016). Format PAUD. Ar-Ruzz Media.
DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v5i1.205
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jeni Juniarwati Gea, Romini Romini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By:
Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
Institution Website: http://stak-pesat.ac.id/
Address: RT09/RW01, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang - Jawa Tengah
e-jurnal Website: http://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/edulead/index
e-ISSN: 2722-5658 p-ISSN: 2722-645X
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
View My Stats