Urgensi Pemahaman Soteriologi bagi Pertumbuhan Spiritual Peserta Didik Agama Kristen di Era Kontemporer
(1) Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
(2) Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
This research examines the importance of understanding soteriology in the context of the growth of students' spiritual lives in the current era. In the midst of various spiritual challenges and rapid changes in times, a deep understanding of soteriology is an important foundation in strengthening faith, facing change, and encouraging healthy spiritual growth. Through literature study-based research, this research identifies the problem of lack of awareness of the importance of understanding soteriology among Christian religious students. This lack of understanding can cause a gap between the beliefs taught and the spiritual experiences felt by students. Therefore, this research emphasizes the importance for Christian religious educators to provide a learning environment that supports a deep understanding of soteriology. The learning environment in question includes the use of digital technology to provide interactive and relevant learning resources and encourage critical discussion and in-depth reflection on safety concepts. In conclusion, an understanding of soteriology plays a key role in shaping the growth of the spiritual life of Christian students. By strengthening this understanding through focused and in-depth Christian religious education, students can experience stronger spiritual growth and face spiritual challenges with greater confidence amidst the dynamics of the contemporary era.
Abstrak
Penelitian ini mengkaji pentingnya pemahaman soteriologi dalam konteks pertumbuhan kehidupan rohani peserta didik di era saat ini. Di tengah berbagai tantangan spiritual dan perubahan zaman yang cepat, pemahaman yang dalam tentang soteriologi menjadi landasan yang penting dalam memperkuat iman, menghadapi perubahan, dan mendorong pertumbuhan rohani yang sehat. Melalui penelitian berbasis studi pustaka, penelitian ini mengidentifikasi masalah kurangnya kesadaran akan pentingnya pemahaman tentang soteriologi di antara peserta didik agama Kristen. Kurangnya pemahaman ini dapat menyebabkan kesenjangan antara keyakinan yang diajarkan dan pengalaman rohani yang dirasakan oleh peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan pentingnya bagi pendidik agama Kristen untuk menyediakan lingkungan pembelajaran yang mendukung pemahaman yang mendalam tentang soteriologi. Lingkungan belajar yang dimaksud mencakup penggunaan teknologi digital untuk menyediakan sumber belajar yang interaktif dan relevan serta mendorong diskusi kritis dan refleksi mendalam tentang konsep keselamatan. Kesimpulannya, pemahaman tentang soteriologi memainkan peran kunci dalam membentuk pertumbuhan kehidupan rohani peserta didik agama Kristen. Dengan memperkuat pemahaman ini melalui pendidikan agama Kristen yang terarah dan mendalam, peserta didik dapat mengalami pertumbuhan rohani yang lebih kokoh dan menghadapi tantangan spiritual dengan keyakinan yang lebih mantap di tengah-tengah dinamika era kontemporer.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alfonsus Krismiyanto, R. I. K. (2023). Membangun harmoni dan dialog antar agama dalam masyarakat multikultural. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 238–244.
Altin Sihombing. (2018). Keselamatan Universalisme Versus Soteriologi Kristen Dalam Perspektif Alkitab. Voice Of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik Dan Agama, 3(2), 42–54.
Amir Hamzah. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Literassi Nusantara Abadi.
Andrian, T. (2024). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Nilai Moral Remaja Masa Kini. Inculco Journal of Christian Education, 4(1), 107–122.
Boimau, C. (2021). Sejarah Munculnya Isu-Isu Sotereologi. SIAP: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 10(2), 100–119. https://doi.org/7
David Eko Setiawan. (2018). Konsep Keselamatan Dalam Universalisme Ditinjau Dari Soteriologi Kristen: Suatu Refleksi Pastoral. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 250–269.
Erman S. Saragih. (2017). Soteriologi Hypergrace Dalam Perspektif Teologi Martin Luther Dan Alkitab. Jurnal Teologi Cultivation, 1(2), 235–251.
Eva Yemima Sitohang, Fuspa Esika Manik, Geby Anggita Sitorus, D. N. (2023). Kekuatan Spritualitas Membangkitkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen. Pediaqu:JurnalPendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 992–997.
Gregorius Handoyo Suwito. (2017). Karya Allah Dalam Menjamin Keselamatan Orang Percaya Dalam Perjanjian Baru. Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan, 7(2), 19–27.
Gulo, Rezeki Putra, Erwin Zai, and A. H. (2023). Pendidikan Agama Kristen dalam Masyarakat Majemuk: Mencerminkan Hidup Humanis di Tengah-tengah Pluralisme. Eleos; Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(2), 81–90.
Gulo, R. P. (2023). Peran Generasi Z dalam Mengekspansi Misiologi di Era Society 5.0. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(1), 120–125.
Gulo, R. P., & Salurante, T. (2023). Revitalisasi Pendidikan Kristen di Anticipating Era: Studi Eksposisi Efesus 5:15-16. Teleios: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 145–157.
Harianto GP. (2012). Pengantar Misologi. IKAPI.
Hia, Y., & Waruwu, E. W. (2023). Dampak Teknologi Digital Terhadap Pewartaaninjil Dalam Konteks Menggereja. Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, 6(2), 178–192.
Hura, O., Novalina, M., & Waruwu, A. T. M. (2023). Pertobatan Sebagai Sebuah Bentuk Persiapan Menghadapi Akhir Zaman Dalam Matius 24:1-14. HARVESTER: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen, 8(1), 19–33.
Hutahaean, H. (2020). Tantangan Teologi Agama-agama: Suatu Diskursus Model. Kurios, 6(2), 255.
Ivone Sandra Sumual, dkk. (2019). Pembinaan Dan Pendalaman Alkitab Dasar Bagi Kedewasaan Iman Di Pemuda Gereja Bethel Indonesia Abraham, Manado. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–15.
Janes. (2018). Pemahaman Doktrin Soteriologi Terhadap Kegiatan Memberitakan Injil. PRUDENTIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 86–87.
Jura, D. (2017). Kajian Soteriologi Dalam Teologi Universalisme, Calvinisme, Dan Arminianisme Serta Kaitannya Dengan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Shanan, 1(9), 21–57.
Kembuan, L. A., & Sudarma, I. W. (2021). Pemberdayaan Potensi Jemaat Dalam Membangun Gereja Misioner. CHARISTHEO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 87–101.
Kusvianti, P., Ashari, A. P. R., & Izzah, A. N. (2023). Pandangan Ulrich Beck Tentang Risiko dan Ketidakpastian yang Dialami Oleh Masyarakat Modern. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 23(1), 149–163.
Laning, W. L. (2019). Implementasi Prinsip Soteriologi bagi Pendidikan Kristen. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 56–77.
Legi, H., & Sibarani, H. (2023). Problematika Pendidikan Kristen Di Indonesia Di Tengah Kemerosotan Moral. TEVUNAH: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 166–181.
Manullang, J., Sidabutar, H., & Manullang, A. (2022). Efektifitas Metode Diskusi dalam Pembelajaran PAK pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 502–509.
Muharoma Chomsatul Farida, A. C. (2023). Pentingnya Landasan Keluarga Kristen Berdasarkan Perjanjian Baru Dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Remaja Kristen. Incluco Journal Of Christian Education, 3(3), 285–300.
Ndruru, B., & Lawalata, M. (2023). Signifikansi Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Teknologi Terhadap Karakter Rohani Peserta Didik. Jurnal Teologi Cultivation, 7(1), 152–169.
Oci, M. (2019). Implikasi Misiologi Dalam Pengembangan Kurikulum Agama Kristen Di Gereja Lokal. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(1), 81–99.
Samarenna, D. (2019). Konsep Soteriologi Menurut Efesus 2:1-10. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(2), 247–264.
Santo, J. C., & Arifianto, Y. A. (2022). Pertumbuhan Rohani Berdasarkan 1 Petrus 2:1-4 dan Aplikasinya dalam Kehidupan Orang Percaya. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 5(1), 1–21.
Sompotan, D. D., & Hutagalung, S. B. (2024). Kehadiran dalam Ibadah : Kajian terhadap Doa Pribadi dan Baca Alkitab Generasi Milenial dan Gen Z Berdasarkan Ibrani 10 : 25. Jurnal Teologi Dan Musik Gereja, 4(1), 22–34.
Sumiati, S., Octavianus, S., & Triposa, R. (2021). Aplikasi Teori Kecerdasan Majemuk Pada Mata Pelajaran PAK Di Sekolah Inklusi. CHARISTHEO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 102–121.
Susanti, Lidia, and E. W. S. (2022). Strategi Pembelajaran yang Relevan dalam Mengajarkan Soteriologi pada Anak Sekolah Minggu Usia 6-12 tahun. Regula Fide, 7(2), 147–159.
Sutriatmo, S. (2022). Konsep Keselamatan di Dalam Yesus: Ketaatan Pada Firman Versus Ketaatan Pada Perbuatan. Jurnal Teologi Berita Hidup, 4(2), 358–378.
T. Haryono, & Yemima, K. (2020). Pemahaman Soteriologi Alkitabiah Mahasiswa Kristen UNS Surakarta. PASCA : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 16(2), 152–163.
Talan, Y. E., & Faot, S. Y. I. (2021). Memahami Konsep Keselamatan Dari Perspektif Surat Efesus. SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2), 259–275.
Timotius Tote Jelahu. (2015). Melanjutkan Ziarah Gereja: Gerakan Pemberdayaan Komunitas Basis Gerejawi. Jurnal Pastoral Kateketik, 1(2), 19.
Tubagus, S., & Sarono, T. B. (2021). Roh Kudus Dalam Trinitas Dan Komunitas Umat Tuhan (Holy Spirit in the Trinity and Community of God’S People). QUAERENS: Journal of Theology and Christianity Studies, 3(1), 85–95.
Walean, R. R. (2023). Narasi Soteriologis Tipologi Kesetiaan Rut Kepada Naomi. MAWAR SARON: Jurnal Pendidikan Kristen Dan Gereja, 6(1), 17–29.
Waruwu, E. W., & Lawalata, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membangun Kesadaran Spiritual bagi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era 5.0. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 4(2), 144–155.
Zaman, S. N. (2024). Survey Deloitte: Kekhawatiran Gen Z dalam Hidup. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(1), 54–62.
DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v5i2.221
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dewita Agresia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By:
Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
Institution Website: http://stak-pesat.ac.id/
Address: RT09/RW01, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang - Jawa Tengah
e-jurnal Website: http://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/edulead/index
e-ISSN: 2722-5658 p-ISSN: 2722-645X
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
View My Stats