Kontribusi Pendidikan Terhadap Lahirnya Kekristenan Di Pulau Ndao, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur
(1) Institut Agama Kristen Negeri Kupang
(*) Corresponding Author
Abstract
The purpose of this study is to reveal the background of the birth of Christianity on Ndao Island, Rote Ndao Regency, East Nusa Tenggara. The author uses a qualitative method with interview data collection techniques and documentation studies of 6 informants. The results of the study indicate that the people of Ndao Island really miss going to school because the king often comes to Rote Island and sees the education that has been opened by the Dutch. In 1918 schools began to be opened on Ndao Island by a Dutch Pastor named Geisler and a teacher from Delha, Rote Island. The teacher not only taught general lessons but also taught Bible stories and not only children who believed but a number of parents of students also believed in Jesus. During a visit to the school, Geisler led worship and baptized 90 adults and children as Christians. This event became a milestone in the birth of the first church on Ndao Island. Schools or education have become the gateway and have made a major contribution to the birth of the church or Christianity on Ndao Island.
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan latar belakang lahirnya kekristenan di Pulau Ndao Kabupaten Rote Ndao Nusa Tenggara Timur. Penulis menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan studi dokumentasi terhadap 6 orang narasumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa masyarakat Pulau Ndao sangat rindu untuk bersekolah karena raja sering datang ke Pulau Rote dan melihat pendidikan yang sudah mulai dibuka oleh Bangsa Belanda. Pada tahun 1918 sekolah mulai di buka di Pulau Ndao oleh seorang Pendeta Belanda bernama Geisler dan seorang guru dari Delha pulau Rote. Guru tersebut tidak saja mengajarkan pelajaran umum tetapi juga mengajarkan cerita alkitab dan bukan saja anak-anak yang percaya tetapi sejumlah orang tua dari murid pun menjadi percaya kepada Yesus. Dalam suatu kunjungan di sekolah Geisler memimpin ibadah dan membaptis 90 orang dewasa dan anak-anak menjadi orang kristen. Peristiwa ini menjadi tonggak sejarah lahirnya gereja pertama kali di Pulau Ndao. Sekolah atau pendidikan telah menjadi pintu masuk serta memberikan kontribusi besar bagi lahirnya gereja atau kekristenan di Pulau Ndao.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anwar, M. (2015). Filsafat pendidikan. Kencana.
Djo, G. (2023). Wawancara dengan Tokoh Masyarakat Pulau Ndao 20 Mei 2022.
Iryani, E., & Ramdani, A. S. (2019). Kajian Indeks Pembangunan Manusia (IPM); Analisa Pengaruh Rendahnya Indeks Pendidikan di Kabupaten Tangerang. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 3(2), 1–11.
Kristyowati, Y. (2020). PENGARUH INJIL TERHADAP PENDIDIKAN (Napak Tilas Dampak Injil di Daerah Belitang). Ambassadors: Journal of Theology and Christian Education, 1(1), 23–34.
Ledoh, F. (2023). Wawancara dengan Tokoh Masyarakat Pulau Ndao, 21 Mei 2023.
Luji, D. S. (2020). EKSISTENSI DAN PEWARISAN BUDAYA TUKU DALAM MASYARAKAT PULAU NDAO (ORANG NDAO) KABUPATEN ROTE NDAO NTT. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya, 10(3), 311–318.
Luji, D. S., Pa, H. D. B., & Afi, K. E. Y. M. (2021). A, KEBERPIHAKAN GEREJA TERHADAP PARA PENYANDANG DISABILITAS DI WILAYAH TERITORI II KLASIS KUPANG TENGAH GEREJA MASEHI INJILI DI TIMOR. Ra’ah: Journal of Pastoral Counseling, 1(1), 14–28.
Lundry, C. (2006). Peranan Gereja Katolik dalam Pembangunan Nasionalisme di Timor Leste.
Malino, Y., & Ronda, D. (2014). Sejarah Pendidikan Sekolah Kristen Gereja Toraja suatu Kajian Historis Kritis Tentang Peran Gereja Toraja Melaksanakan Pendidikan Sekolah Kristen dari Masa Zending Sampai Era Reformasi. Jurnal Jaffray, 12(1), 35–70.
Manao, R. A., de Haan, A. E. M., & Pellu, L. H. (2022). Kemitraan GMIT Dalam Bidang Pendidikan:“Suatu Tinjauan Teologi Sosial Terhadap Kemitraan GMIT Dalam Bidang Pendidikan Dan Implikasinya Bagi Upaya Pembenahan Sekolah-sekolah GMIT.” CONSCIENTIA: Jurnal Teologi Kristen, 1(2), 46–67.
Manurung, M., Simalango, Z. N., Nainggolan, G. A., & Waruwu, L. (2024). PERJALANAN MISI Dr. INGWER LUDWIG NOMMENSEN DI TANAH BATAK:(Studi Kasus Sejarah Agama Kristen di Tanah Batak). Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(3), 1072–1077.
Moleong, J. . (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosda Karya.
Mukodi, M. (2018). Tela’ah Filosofis arti pendidikan dan faktor-faktor pendidikan dalam ilmu pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 1468–1476.
Ndun, D. (2022). Seorang guru dengan jabatan Kepala Sekolah, wawancara 20 Agustus 2022.
Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01).
Nuban Timo, Ebenhaizer I. (2015). Polifonik Bukan Monofonik (1st ed.). Satya Wacana University Press.
Nuban Timo, Ebenhazer I. (2011). Rote Punya Cerita. Satya Wacana University Press.
Radja, M. (2022). Wawancara dengan Tokoh Masyarakat Pulau Ndao, 20 Mei 2022.
Riwu Kaho, R. (2006). KARYA GEREJA PROTESTAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DI NUSA TENGGARA TIMUR Suatu Telaah Sejarah-Teologis Atas Perjumpaan Gereja (Zending) Dengan Masyarakat di Nusa Tenggara Timur dalam Bidang Pendidikan. Artha Wacana Press.
Siburian, T. (2018). Perspektif Kristologis Mengenai ‘Yesus Guru Agung.’ Jurnal Teologi Stulos, 16(2), 179–206.
Simarmata, A. (2023). Ekklesiologi: Gereja Sebagai Tubuh Kristus Menurut Paulus dalam 1 Korintus 12: 12-26 dan Tanggung Jawab Gereja Memelihara Kesatuan Dalam Interdenominasi. ILLUMINATE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 6(2), 91–105.
Sina, O. O. (2022). Wawancara dengan Tokoh Masyarakat Pulau Ndao, 20 Mei 2022.
Sunarto, G. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ROLE REVERSAL QUESTION SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 WRINGIN PADA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019: SMP NEGERI 1 WRINGIN. Mitra Pendidikan, 2(1), 11–20.
Tindagi, M. G. K. (2016). Yesus: Sosok Guru Agung (Kompetensi Dan Profesionalitas Dasar Guru Pak). Missio Ecclesiae, 5(1), 1–21.
Ulum, R. (2017). Wawasan Kebangsaan dalam Pusaran Iman Katolik (Refleksi Nilai Ajaran Katolik terhadap Keutuhan NKRI Studi di Kota Kupang). Harmoni, 16(1), 94–108.
DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v5i2.228
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Daud Saleh Luji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By:
Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
Institution Website: http://stak-pesat.ac.id/
Address: RT09/RW01, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang - Jawa Tengah
e-jurnal Website: http://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/edulead/index
e-ISSN: 2722-5658 p-ISSN: 2722-645X
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
View My Stats