Kepemimpinan Gembala Dan Pembelajaran Moral: Sebuah Studi Kasus Tentang Perlakuan Atas Perilaku Indisiplin Siswa SMA XYZ Manado Berdasarkan Teori Tahapan Moral Lawrence Kohlberg

Irene Agustin(1*),

(1) Yayasan Persekolahan Eben Haezar
(*) Corresponding Author

Abstract


This research aims to investigate the causes of students' indisciplined behavior and propose appropriate leadership strategies to overcome this. In this study, a qualitative approach was used to conduct a case study conducted with interviews using instruments from the story of Heinz's dilemma presented by Lawrence Kohlberg. The presentation of Heinz's dilemma is used to identify the position of the moral stages of indiscipline perpetrators. Then interviews were also conducted with the teachers to find out the leadership approach and treatment that has been applied so far. The results of the study show that the leadership and treatment methods used by teachers are not suitable for the various moral stages of students. Most teachers only hit one treatment flat to apply to all students. The results of this study recommend that teachers apply a shepherd leadership model that emphasizes in-depth recognition of student characteristics before treating students. This shepherd leadership model is then applied using the Heinz dilemma instrument, which is to identify the moral stages that students have and after that they can be treated according to their respective moral stages. Knowing the moral stage of students is part of the teacher's introduction before giving treatment so that in the end it will help in dealing with indisciplined behavior more effectively.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menyelidiki penyebab perilaku ketidakdisiplinan siswa dan mengusulkan strategi kepemimpinan yang tepat untuk mengatasi hal ini. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif studi kasus yang dilakukan dengan wawancara menggunakan instrumen dari kisah dilema Heinz yang dipaparkan oleh Lawrence Kohlberg. Pemaparan kisah dilema Heinz digunakan untuk mengidentifikasi posisi tahapan moral pelaku indisiplin. Kemudian wawancara juga dilakukan kepada para guru untuk mengetahui pendekatan kepemimpinan dan perlakuan yang selama ini diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kepemimpinan dan perlakuan yang digunakan oleh guru tidak cocok dengan tahapan moral siswa yang beragam. Sebagian besar Guru hanya memukul rata satu perlakuan untuk diterapkan bagi semua siswa. Hasil penelitian ini merekomendasikan agar guru menerapkan model kepemimpinan gembala yang lebih menekankan pengenalan mendalam terhadap karakteristik siswa sebelum memberi perlakuan kepada siswa. Model kepemimpinan gembala ini kemudian diaplikasikan dengan menggunakan instrumen dilema Heinz yakni mengidentifikasi tahap moral yang dimiliki siswa dan setelah itu dapat diberikan perlakuan sesuai dengan tahapan moral masing-masing. Mengetahui tahap moral siswa merupakan bagian pengenalan guru sebelum memberikan perlakuan sehingga pada akhirnya akan membantu dalam menangani perilaku ketidakdisiplinan secara lebih efektif.


References


Santo, J. d. (1995). Tahap-tahap perkembangan moral. Yogyakarta: Kanisius.

Northouse, P. G. (2019). Leadership. Michigan: Sage.

Ronda, D. (2009). Kepemimpinan Model Gembala. jurnal jaffray, 57.

Douglas, J. (2008). Ensiklopedi Alkitab Masa Kini. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih.

Haru, E. (2020). Jurnal Alternatif, 51.

Namo & Idawati. (2023). Peran Wali Kelas Sebagai Pemimpin Gembala Dalam Proses Pendisiplinan Siswa Di SD Lentera Harapan Tomohon. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Samuel & Tung. (2023). Peran Kepemimpinan Gembala dalam Pastoral Konseling Kepada Siswa di SMP XYZ Tomohon. Jurnal Pendidikan Tambusai, 21997.

McCormick & Davenport,. (2020). Shepherd Leadership. Minneapolis: Fortress Press Edition.

Tung. (2016). Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Nurhayati, S. R. (2006). TELAAH KRITIS TERHADAP TEORI PERKEMBANGAN MORAL LAWRENCE KOHLBERG. paradigma, 93.

Nurhasanah. (2019). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Edu Pustaka.

Nida, F. L. (2013). INTERVENSI TEORI PERKEMBANGAN MORAL LAWRENCE KOHLBERG DALAM DINAMIKA PENDIDIKAN KARAKTER . Jurnal IAIN Kudus, 286.

Jamaris, M. (2015). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Magdalena. (2023). Keadilan Organisasi Dan Pemberdayaan Karyawan Terhadap Komitmen Organisasi Melalui Kepuasan Kerja Pt. Bank Lampung Sidomulyo. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 84.

Tung, K. Y. (2015). Pembelajaran dan perkembangan belajar. Jakarta: Indeks.

Haru, E. (2016). MENGENAL TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT BANDURA DAN IMPLIKASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Jurnal alternatif, 3.

Cendana, Munthe, Wuisan, Tung. (2022). Teori dan Implementasi Project Based Learning dalam pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara.

Sesfao. (2020). Prosiding Seminar Nasional, 267.

Sesfao, M. (2020). Perbandingan Pemikiran Pendidikan Paulo Freire Dengan Ajaran Tamansiswa Dalam Implementasi Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional, 265.

Yusuf, P. M. (2021). metode penelitian. Jakarta: Prenadamedia Group.

Hadi. (2021). Penelitian Kualitatif studi fenomenologi,case study,grounded theory,etnografi,biografi tindakan. Banyumas: CV Pena Persada.

Morissan. (2019). Riset Kualitatif. jakarta: PRENADA MEDIA GROUP.

Sirajudin, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Bandung: Pustaka Ramadan.

Tsiring & Ponomareva. (2015). Characteristics of Teenager-to-Parent Relationships and Their Inputs into the Formation of Juvenile Personality Helplessness. procedia, 852-857.




DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v5i2.244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 irene agustin agustin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

                 JournalStories Main logo   

Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
Institution Website: http://stak-pesat.ac.id/
Address: RT09/RW01, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang - Jawa Tengah
e-jurnal Website: http://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/edulead/index
e-ISSN: 2722-5658 p-ISSN: 2722-645X

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0). 

 

View My Stats