Transformasi Pendidikan Kristen dalam Konteks Kebangsaan Indonesia

Yornan Masinambow(1*),

(1) Institut Agama Kristen Negeri Manado
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan merupakan bagian penting dalam setiap kehidupan dalam hal ini memajukan suatu peradaban manusia. Begitupun di Indonesia dengan kemajemukannya, pendidikan menjadi hal yang penting bagi kemajuan bangsa. Namun, pendidikan di Indonesia masih berpatokan pada corak pendidikan barat. Hal tersebut juga merambah pada Pendidikan agama dalam hal ini Pendidikan Kristen yang secara historis kekristenan berkembang pada waktu zaman penjajahan. Pendidikan Kristen yang hadir berwawasan barat serta bercorak esklusif dalam masyarakat Indonesia yang plural. Oleh karena itu, Pendidikan Kristen perlu untuk mengalami transformasi agar sesuai dengan konteks kebangsaan Indonesia yang majemuk. Artikel ini menggunakan penelitian studi kepustakaan, melalui pengkajian serta perumusan konsep pendidikan kristen yang ditransformasi dalam konteks kebangsaan Indonesia. Melalui paparan dalam pembahasan dapat dikatakan bahwa transformasi Pendidikan Kristen konteks kebangsaan Indonesia bersifat inklusif, dialogis, serta menghargai, menghormati berbagai macam latar belakang budaya lokal, agama di Indonesia. Melalui transformasi, identitas pendidikan kristen menjadi orisinil Indonesia yang menghargai kemajemukan serta tidak lagi terkukung oleh corak doktrinal esklusif barat. Transformasi pendidikan kristen dalam konteks Indonesia juga menekankan nilai Pancasila sebagai identitas bersama dan juga kerukunan sebagai dasar pembelajaran, serta secara teologis menghadirkan cinta kasih bagi sesama dalam pemberitaan Injil.

Keywords


Pendidikan Kristen, Transformasi, Kebangsaan, Indonesia, Majemuk

Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers.

Aritonang, A. (2019). KEKRISTENAN DAN NASIONALISME DI INDONESIA. Jurnal Amanat Agung, 15(1), 111–141. https://doi.org/10.47754/jaa.v15i1.344

Bagir, Z. A. (2011). Pluralisme Kewargaan Arah Baru Politik Keragaman di Indonesia. Kawistara, 1(2011).

Darmawan, I. P. A. (2019). Pendidikan Perdamaian Dengan 12 Nilai Dasar Perdamaian. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(1), 55–71. https://doi.org/10.34307/b.v2i1.82

Hattu, J. V. D. (2020). Keterkaitan Pendidikan Kristiani di Sekolah dan Gereja. Indonesian Journal of Theology, 7(1), 25–45. https://doi.org/10.46567/ijt.v7i1.4

Hermawan, P. A. (2015). Pentingnya Pendidikan Kebangsaan. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/herumawanpa/550dea7fa33311b12dba7da9/pentingnya-pendidikan-kebangsaan.

Keriapy, F. (2020). Pendidikan Kristiani Transformatif Berbasis Multikultural dalam Konteks Indonesia. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(2), 82–93. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/55

Kustini. (2016). KEKRISTENAN DAN NASIONALISME DI KOTA BOGOR. Jurnal Harmoni, 15(2), 96–108.

Latif, Y. (2020). Pendidikan yang Berkebudayaan: Histori, Konsepsi, dan Aktualisasi Pendidikan Transformatif. Gramedia Pustaka Utama.

Lauterboom, M. (2019). Dekolonisasi Pendidikan Agama Kristen di Indonesia. Indonesian Journal of Theology, 7(1), 88–110. http://www.elsevier.com/locate/scp

Megawanti, P. (2012). Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia. Formatif, 2(3), 227–234. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i3.105

Monding, Y. D. (2020). Tinjauan Teologis tentang Pendidikan Seks dari Perspektif Pendidikan Kristiani Transformatif. Pengarah: Jurnal Teologi Kristen, 2(2), 173–182. https://doi.org/10.36270/pengarah.v2i2.39

Munirah, M. (2015). SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA: ANTARA KEINGINAN DAN REALITA. Jurnal Pendidikan Islam Dasar, 2(2), 233–245.

Paristiyani Nurwardani, D. . (2016). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Perpres. (2007). Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. In Peraturan Pemerintah RI: Vol. Nomor 55.

Pinontoan, N. A. H. & D. H. R. (2020). Ritual Mahtambulelen dan Kekristenan di Minahasa. In I. Y. M. L. & T. Kholiludin (Ed.), Agama & Budaya Nusantara Pasca Kristenisasi (p. 217). eLsA Press.

Ramopolii, M. C. (2020). Pemerdekaan: Pendidikan dan Teologi YB. Mangunwijaya Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Kanisius.

Rantung, Djoys Anake. (2017). PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN POLITIK DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT MAJEMUK DI INDONESIA. In Shanan Jurnal Pendidikan Agama Kristen (Vol. 1, Issue 2). http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/1492

Rantung, Djoys Anneke. (2017). Pendidikan Agama Kristen dalam Kehidupan Masyarakat Majemuk. Lintang Rasi Aksara Books.

Retnowati. (2009). Masyarakat Indonesia yang Majemuk dan Perawatannya: Suatu Pendekatan Multikultur. Jurnal Waskita, 4(1), 4.

Salim, S. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif: Konsep dan Aplikasi dalam Ilmu Sosial, Keagamaan dan Pendidikan. Media Citapustaka.

Santoso, M. P. (2005). Karakteristik Pendidikan Kristen. Seminari Alkitab Asia Tenggara. http://repository.seabs.ac.id/handle/123456789/121

Seymour, J. L. (2016). Memetakan Pendidikan Kristiani: Pendekatan-Pendekatan Pembelajaran Jemaat. BPK Gunung Mulia.

Shaw, P. (2014). Transforming Theological Education: A Practical Handbook for Integrative Learning. Langham Global Library.

Sianipar, D. (2017). PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN YANG MEMBEBASKAN: SUATU KAJIAN HISTORIS PAK DI INDONESIA. In Shanan Jurnal Pendidikan Agama Kristen (Vol. 1, Issue 1). http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/1481

Sidjabat, B. S. (2019). PENGUATAN GURU PAK UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER: MELIHAT KONTRIBUSI SERI SELAMAT. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 3(1), 30–48.

Sirait, S. (2016). Teologi Kenegaraan: Negara dalam Rancangan Tuhan. BPK Gunung Mulia.

Stefanus, D. (2009). Pendidikan Agama Kristen Kemajemukan. Bina Media Indonesia.

Stott, J. (2005). Isu-isu Global Menantang Kepemimpinan Kristiani: Penilaian Atas Masalah Sosial dan Moral Kontemporer. Yayasan Komunikasi Bina Kasih OMF.

Suryabrata, S. (2019). Metodologi Penelitian. Rajawali Pers.

Titaley, J. A. (2020). Berada dari Ada Walau Tak Ada. eLsA Press.

Tulung, J. M. (2014). PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MASYARAKAT MAJEMUK. Eksekutif, 1(3), 1–12.

Wahyuni, marina nova. (2018). Pendidikan dan Kebangsaan. M.Mediaindonesia.Com. https://mediaindonesia.com/opini/179629/pendidikan-dan-kebangsaan.

Wattimena, R. A. A. (2012). Pendidikan manusia-manusia demokratis filsafat pendidikan Noam Chomsky relevansi serta keterbatasannya pada konteks Indonesia. Jurnal Filsafat Arete.

Wattimena, R. A. A. (2016). Tentang Manusia. In Yogyakarta: Maharsa.

Yewangoe, A. A. (2018). Agama dan Kerukunan. BPK Gunung Mulia.




DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v2i1.59

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yornan Masinambow

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

                 JournalStories Main logo   

Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
Institution Website: http://stak-pesat.ac.id/
Address: RT09/RW01, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang - Jawa Tengah
e-jurnal Website: http://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/edulead/index
e-ISSN: 2722-5658 p-ISSN: 2722-645X

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0). 

 

View My Stats